Kamis, 10 Oktober 2013

Melihat Foto Lama Dengan Ide Yang Baru


Melihat Foto Lama Dengan Ide Yang Baru

 d3100
Dalam industri seperti fotografi, sangat mudah terbawa pendapat bahwa yang baru lebih baik dan lupakan saja yang lama. Teknologi baru, ide dan tren baru dalam dunia foto secara konstan mendorong kita untuk melihat ke depan, yang biasanya bisa memberi efek positif untuk menciptakan hasil karya yang menarik dan baru. Tapi, kalau kamu sudah memotret sejak sangat lama, maka hard drive-mu pasti penuh dengan foto-foto dari masa lalu yang mungkin tidak pernah disentuh lagi. Sekarang adalah kesempatan untuk melihat-lihat lagi foto lamamu dan memberi sentuhan baru pada mereka.
catatan: kolase foto diatas saya buat lewat Picasa dari beberapa foto lama yang kemudian diolah kembali.

Untuk Apa?

Sebagai seorang fotografer, salah satu tantangan terbesar adalah harapan untuk secara rutin menghasilkan foto baru yang lebih baik dari yang sebelumnya. Tantangan itu berarti membuat kamu harus selalu melakukan kemajuan dalam berkarya dan itu bisa melelahkan dan mengambil banyak usaha, waktu, dan biaya untuk “mengalahkan” proyekmu yang sebelumnya. Tapi, sebenarnya kamu bisa melihat-lihat lagi foto lamamu, melihat dimana kekurangannya, lalu cobalah lakukan sesuatu melalui image editormu lalu lihatlah bahwa kamu juga bisa membuat “karya baru” sekaligus mengkoreksi kesalahan yang kamu buat di masa lalu.

Foto-foto Yang Terlupakan

Di dalam folder-folder lama di komputermu pasti ada foto-foto yang kamu anggap kurang bagus, tidak menarik, dan sebagainya. Tapi kadang-kadang melihat ke belakang bisa jadi hal yang baik terutama dalam bidang fotografi. Mungkin ada beberapa foto yang bagus tapi terlupakan karena banyaknya pekerjaan, harus menyelesaikan beberapa proyek, dan seterusnya. Nah, jika kamu sekarang sedang tidak ingin memotret tapi merasa perlu membuat sesuatu yang baru, buka-bukalah lagi folder foto lamamu dan lihat apakah ada foto yang kamu suka untuk diolah atau bahkan dibagikan lagi.

Menghasilkan Karya Baru

Dalam tuntutan untuk terus menghasilkan foto-foto yang bisa diperlihatkan pada banyak orang, adalah penting untuk mengingat bahwa apa yang menurutmu sudah basi mungkin masih akan terasa baru untuk orang-orang di luar sana. Tidak perduli kapan fotonya diambil, kalau fotonya bagus, dikomposisi dengan baik, dan menarik, maka foto itu pantas untuk diperlihatkan. Jangan takut untuk mempublikasikan foto-foto yang diambil beberapa waktu lalu. Kamu mungkin perlu memperkaya portfoliomu atau mencari beberapa foto baru untuk buku atau katalog stock photography dan foto-foto itu ada tepat di komputermu.

Pendekatan Baru

Sebagai fotografer, kita secara konstan terikat oleh berbagai bentuk gambar yang diperlihatkan fotografer lain, seniman, dan mereka dari dunia desain yang memperkaya ilmu dan informasi untuk kita. Beberapa foto yang kita lihat mungkin kita suka, sementara yang lain tampak tidak menarik. Pendidikan bawah sadar ini akan menginformasikan pada kita bagaimana cara melihat hasil karya kita sendiri dan memungkinkan kita untuk melihat karya-karya lama kita dengan cara yang baru. Mungkin, saat melihat foto-foto lama, kamu akan menemukan beberapa yang kamu lihat dengan cara yang berbeda dari sebelumnya. Pemahamanmu tentang apa yang penting dalam sebuat foto membuatmu menghargainya dengan cara yang mungkin terlewatkan sebelumnya dan menawarkanmu kesempatan untuk memberi kehidupan baru pada foto lama.

Software Post-Processing Yang Baru

Atau mungkin masalahnya adalah bahwa dari saat kamu memotret dulu, sudah ada beberapa software image editor baru yang kamu punya atau tersedia sebagai freeware di pasaran. Ini berarti kamu sekarang punya banyak pilihan tools untuk digunakan untuk mengembangkan foto-foto lamamu lewat cara yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan saat post-processing.

Teknik Editing Yang Baru

Dengan cara yang serupa dengan poin diatas, setelah menghabiskan waktu menggunakan software editor, kamu mungkin akan punya keahlian dan teknik baru untuk mengedit foto-fotomu. Setiap kali kamu mengedit dan bereksperimen, kamu mempelajari cara-cara yang lebih baik untuk memproses foto-fotomu. Pemahamanmu tentang apa yang dibutuhkan sebuah foto, bagian mana yang perlu ditonjolkan dan bagaimana secara efektif meningkatkan bagian-bagian itu akan membuatmu lebih baik dalam mengedit dibandingkan saat pertama melakukannya.

Mengawetkan Kenangan

Tentu saja memotret secara rutin adalah hal yang bagus dan menantang, tapi ada banyak yang bisa dilihat lagi dari hasil kerjamu di masa lalu. Seiring waktu, banyak hal berubah. Bahkan dalam waktu singkat, keadaan sekitar kita berubah, orang-orang berubah, gaya berpakaian dan kebiasaan berkembang dan semua foto-foto yang kamu ambil di masa lalu sebenarnya adalah dokumentasi. Penting untuk menyimpan foto-foto ini sebagai pengingat akan suatu masa. Fotonya mungkin tidak tampak relevan sekarang, tapi penting untuk diawetkan untuk generasi di masa yang akan datang. Nilai dari sebuah foto juga akan berubah seiring perubahan pada lingkungan dan orang-orang di dalamnya. Kamu akan melihat bahwa beberapa foto berkembang secara signifikan seiring waktu yang mungkin belum kamu antisipasi.

Proyek Kilas Balik

Kamu mungkin ingin memulai sebuah proyek berdasarkan foto-foto lama ini. Sebuah ide sederhana seperti mengunjungi lagi tempat-tempat dimana foto-foto tadi diambil. Ini akan memberimu lebih dari sekedar melihat lagi foto lama, tapi juga memotret tempat itu sekali lagi dan mendokumentasikan perubahan yang terjadi.

Sekarang Giliranmu

Luangkan satu atau dua hari untuk melihat-lihat lagi foto-foto yang pernah kamu buat. Mungkin kamu akan menemukan satu folder yang ingin kamu edit dan publikasikan, atau kamu mungkin hanya menemukan beberapa. Tapi apapun, melihat-lihat lagi foto lama adalah hal yang menyenangkan.

Penulis : allophelia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar