Kamis, 10 Oktober 2013

Fotografi Abstrak : Beberapa Tekniknya

Fotografi Abstrak : Beberapa Tekniknya

 

Selective Focus

Macro
Ini adalah salah satu teknik yang paling umum digunakan untuk menghasilkan foto abstrak. Untuk mengaplikasikan teknik ini, bukaan aperture besar digunakan untuk menciptakan depth-of-field yang sangat sempit. Kamera kemudian akan mencari fokus pada titik yang diinginkan sementara sekelilingnya akan tampak samar. Saat menggunakan selective focus, ada beberapa cara agar teknik ini bisa lebih efektif. Pertama, warna background harus berbeda dari POI. Ini akan membuat fokus lebih menonjol. Kedua, lekuk bisa digunakan untuk membantu mengarahkan pandangan ke POI.

Cahaya dan Bayangan

Lancelin Sand Dunes
Dengan menggunakan permainan cahaya dan bayangan, drama bisa dihasilkan dalam sebuah foto. Beberapa fotografer cenderung hanya berfokus pada cahaya. Tapi apalah arti cahaya tanpa bayangan? Dan bayangan bukan sekedar bagian gelap yang memberi bingkai bagi cahaya. Tapi juga bisa sehidup cahaya itu sendiri. Bayanganlah yang membentuk cahaya, yang menarik perhatian ke arah cahaya, dan yang bekerja sama dengan cahaya untuk menghasilkan foto yang luar biasa – terutama untuk foto abstrak. Jika menggunakan teknik ini, tujuan utama dari bayangan adalah untuk menonjolkan bentuk dalam sebuah foto. Sebagai konsekuensinya, agar teknik ini bisa berhasil, penting untuk memulai dengan bentuk yang sangat menarik atau dramatis.

Garis

Garis bisa sangat efektif bila digunakan dalam foto abstrak. Agar teknik ini berhasil, garis haruslah menjadi karakter dominan dan menjadi POI. Garis yang digunakan harus dinamis dan bekerja dalam satu harmoni. Memasukkan sembarang garis yang mengarah kemana-mana tidak akan membuat foto yang menarik. Hal lain yang perlu diperhatikan saat menggunakan garis dalam foto, lebih baik untuk tidak menggunakan warna yang terlalu kuat karena akan mengalihkan perhatian dari garis dan melemahkan foto itu sendiri.

Tekstur

Teknik yang sangat serupa dengan penggunaan garis adalah tekstur. Bahkan, tekstur dan garis seringkali digunakan bersamaan. Agar berhasil, tentu tekstur harus menjadi karakter yang dominan di dalam foto dan harmonis dengan garis yang muncul dalam foto.

Blur

Mengaburkan objek secara sengaja bisa menciptakan foto yang menarik. Teknik ini bisa digunakan untuk foto dengan “rasa” romantis atau dreamy. Karenanya, penting untuk memilih objek dengan hati-hati. Ada beberapa cara blurring bisa dilakukan. Ada lensa khusus soft focus yang akan menghasilkan – tentunya – foto dengan fokus lembut. Cara yang lebih ekonomis untuk efek ini adalah dengan memasang kain tipis, misalnya stocking, ke ujung lensa. Tapi, tentu saja, blur semacam ini selalu bisa ditambahkan pada saat post-processing dengan menggunakan editor foto.
Bokeh juga masuk ke dalam teknik ini. Intinya adalah membidik titik-titik cahaya lalu menggerakkan ring fokus sampai titik-titik tadi berubah menjadi lingkaran-lingkaran cahaya yang berwarna.

Memotong Objek

abstrak2
Ide dari teknik ini adalah memotret hanya sebagian dari suatu objek. Baik itu fokus atau komposisi. Teknik ini sangat bergantung pada bentuk, warna, dan garis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar