Kamis, 10 Oktober 2013

jenis Jurnalistik

Jenis-Jenis Foto Jurnalistik

Jenis foto jurnalistik dapat diketahui melalui kategori yang dibuat Badan Foto Jurnalistik Dunia (World Press Photo Foundation). Kategori itu adalah sebagai berikut :
1. Spot Photo
Foto spot adalah foto yang dibuat atau diambil dari peristiwa yang tidak terjadwal atau biasa disebut secara spontan. Misalnya foto peristiwa kecelakaan, kebakaran , dan perang. karena dibuat dari peristiwa yang jarang terjadi dan menampilkan konflik serta ketegangan maka foto spot harus segera disiarkan. dalam pengambilan foto ini , dibutuhkan keberuntungan dan keberanian saat pengambilan gambar. Memperlihatkan emosi subjek yang difotonya sehingga memancing emosi yang melihat hasil foto tersebut.

2. General News Photo
Merupakan foto yang diabadikan dari peristiwa yang terjadwal, rutin, dam biasa. Temanya bisa bermacam-macam, yaitu politik, ekonomi dan humor. contoh foto badut pertunjukan.

3. People in The News Photo
merupakan foto tentang orang atau masyarakat dalam suatu berita. Yang ditampilkan adalah pribadi atau
sosok yang menjadi berita itu. Contoh foto Osama bin Laden, Mantan Presiden Soeharto, dll.

4. Daily Life Photo
Adalah foto tentang kehidupan sehari-hari manusia dipandang dari segi kemanusiawiannya (human interest). Misalnya tentang foto pedagang alat musik.

5. Potrait
Adalah foto yang menampilkan wajah seseorang secara close up dan "mejeng". Ditampilkan karena adanya kekhasan pada wajah yang dimiliki atau kekhasan lainnya.

6. Sport Photo
Adalah foto yang dibuat dari peristiwa olahraga. Pada pengambilan foto ini, dibutuhkan peralatan foto yang memadai, karena objek dengan si pemotret berada pada jarak tertentu. Contoh foto pemain sepak bola ketika menekel lawan.

7. Science and Technology Photo
Adalah foto yang diambil dari peristiwa-peristiwa yang ada kaitannya dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya pada foto-foto kedokteran, penemuan mikro chip komputer, dll.

8. Art and Culture Photo
adalah foto yang dibuat dari peristiwa seni dan budaya. misalnya foto perhelatan seni Reog Ponorogo.

9. Social and Environment
Adalah foto-foto tentang kehidupan sosial masyarakat serta lingkungan hidupnya. Contoh foto penduduk disekitar TPA Sampah dan kegiatannya.

dp : Berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar