Kalau ditinjau dari fungsinya
Fotografi Desain mempunyai tujuan yang sama yaitu sama-sama penyampaikan
pesan khusus tentang produk perusahaan kepada khalayak atau massa melalui
program periklanan. Dilihat dari bentuk penyajiannya Fotografi Desaian dapat
diklasifikasikan dalam empat jenis diantaranya fotografi model, fotografi
produk, fotografi materi produk dan fotografi periklanan. Untuk mengetahui
penjelasan dari masing-masing jenis tersebut berikut ini adalah penjelasannya.
1. Fotografi Model
Fotografi Model adalah sebuah
karya fotografi yang mevisualisasikan berbagai macam gaya fashion dari seorang
model. Nilai kekuatan pada fotografi model tergantung dari penampilan serta
ekspresi dalam bergaya di depan kamera. Dalam proses pembuatannya bisa
dilakukan di dalam studio foto atau di ruangan tertentu yang dianggap memenuhi
kriteria artistik dari seorang fotografernya. Selain di dalam ruangan,
fotografi model juga bisa dilakukan di tempat terbuka atau outdoor dimana
tempat tersebut dianggap menarik untuk dilakukan tempat pemotretan, di
persawahan, hutan atau rumah jaman belanda atau tempat-tempat bersejarah, itu
semua tergantung dari kemauan dan keputusan fotografernya. Fotografi kategori
jenis ini sering dipakai sebagai bahan isi atau konten dari majalah-majalah
yang berkaitan dengan life style atau majalah yang berkaitan dengan pola gya
hidup. Selain berguna sebagai isi dari majalah, fotografi ini juga bisa berdiri
sendiri dalam pameran khusus yang diadakan di gedung galeri dengan tema model.
Banyak karya fotografi pada kategori ini yang ada di tengah masyarakat baik
melalui pameran-pameran foto di berbgai tempat maupun di majalah-majalah khusus
serta di dalam situs internet. Contoh fotografi pada jenis ini dapat dilihat
seperti berikut ini.
* Fotografi Model bagian dari
Fotografi Desain merupakan sebuah karya fotografi yang mevisualisasikan
penggayaan dari berbagai macam karakter ekspresi dari modelnya untuk tujuan
sebagai karya yang bisa berdiri sendiri atau bagian dari isi atau konten sebuah
Majalah. Dalam implementasinya pemotretan dari karya ini, bisa dilakukan di
dalam studio atau ruangan tertentu dan juga bisa dilakukan di alam luas atau
outdoor*
2. Fotografi Arsitektur
Fotografi Arsitektur adalah
sebuah karya fotografi yang mevisualisasikan keberadaan sebuah bangunan yang
mempunyai nilai estetika tinggi. Bangunan disini bisa mewakili sebuah gedung,
jembatan layang, jembatan penyebrangan ataupun monumen yang mempunyai nilai
konstruksi menarik. Nilai kekuatan pada Fotografi Arsitektur tergantung dari
bentuk fisik dari sebuah gedung yang dipotret serta sudut pandang yang
digunakan atau lebih dikenal dengan nama angle. Karena yang menjadi obyek utama
adalah bangunan, maka bangunan tersebut harus mempunyai keistimewaan bentuk
fisiknya atau katakanlah tidak menyerupai banguan pada umumnya, sehingga hasil
fotonya nanti bisa menarik perhatian orang yang melihatnya. Dalam proses
pembuatannya itu, pemotretan bisa dilakukan di luar untuk menampilkan bentuk
sisi luar dari sebuah bangunan atau bisa juga melakukan pemotretan di dalamnya
untuk menampilkan sisi interiornya jika bentuka bangunan itu berupa gedung.
Selain bentuk fisiknya, kekuatan pengambilan gambar dari berbagai macam angle
tidak kalah pentingnya untuk dipertimbangkan, karena hal ini sangat menentukan
keberhasilan dalam menciptakan karya jenis ini sehingga masyarakat yang
melihatnya bisa tertegun dibuatnya. Banyak karya fotografi pada kategori ini
yang ada di tengah masyarakat baik melalui pameran-pameran foto di berbgai
tempat maupun di majalah-majalah khusus serta di dalam situs internet. Contoh
fotografi pada jenis ini dapat dilihat seperti berikut ini.
* Fotografi Arsitektur
bagian dari Fotografi Desain merupakan sebuah karya fotografi yang
mevisualisasikan keberadaan sebuah bangunan yang mempunyai nilai estetika
tinggi. Kekuatan dari fotografi kategori aresitektur tergantung dari bentuk
fisik dari bangunan tersebut dengan didukung pengambilan gambar dari berbagai
macam angle hingga dapat menarik perhatian masyarakat yang melihatnya*
3. Fotografi Produk
Fotografi Produk adalah sebuah
karya fotografi yang mevisualisasikan berbagai macam gaya mengkomposisikan
suatu produk perusahaan hingga menimbulkan pencitraan secara khusus berdasarkan
misi yang di bawahnya. Nilai kekuatan pada fotografi produk tergantung dari
cara mengkomposisikan berbagai macam komponen yang ada. Dalam proses
pembuatannya umumnya dilakukan di dalam studio foto atau di ruangan tertentu
yang dianggap memenuhi kriteria artistik dari seorang fotografernya, meskipun
demikian tidak menutup kemungkinan mengambil latar belakang di luar ruangan
atau di outdoor missal pemotretan yang dilakukan di sekitar air tejun,
dikenakan konsep kreatifitasnya menuntut dengan karakter air tang deras.
Fotografi kategori jenis ini sering dipakai sebagai isi atau konten dari
majalah-majalah yang berkaitan dengan life style atau majalah yang berkaitan
dengan pola gaya hidup. Selain itu juga bisa sebagai komponen dari pembuatan
sarana iklan setelah dilakukan pengeditan dengan mencantumkan atau menyertakan
model yang terkait di dalamnya. Selain berguna sebagai isi dari majalah,
fotografi ini juga bisa berdiri sendiri misalnya dalam pameran khusus yang
diadakan di gedung galeri dengan tema tertentu. Banyak karya fotografi pada
kategori ini yang ada di tengah masyarakat baik melalui pameran-pameran foto di
berbgai tempat maupun di majalah-majalah khusus serta di dalam situs internet.
Contoh fotografi pada jenis ini dapat dilihat seperti berikut ini.
* Fotografi Produk bagian dari
Fotografi Desain merupakan sebuah karya fotografi yang mevisualisasikan
penggayaan dari komponen-komponen yang ada hingga terlihat menarik untuk
tujuan sebagai karya yang bisa berdiri sendiri atau bagian dari isi dan konten
sebuah Majalah. Dalam implementasinya pemotretan dari karya ini, bisa dilakukan
di dalam studio atau ruangan tertentu dan juga bisa dilakukan di alam luas atau
outdoor*
4. Fotografi Materi Produk
Fotografi Materi Produk adalah
sebuah karya fotografi yang mevisualisasikan berbagai macam obyek baik dari
model yang menuntut penggayaan secara khusus maupun berupa produk-prouduk
perusahaan atau benda-benda lain yang dianggap punya nilai artistik. Nilai
kekuatan pada fotografi materi produk tergantung dari kebutuhan yang
diperlukan, misalnya jika menggunakan model, maka kekuatan tergantung dari
penampilan model itu sendiri termasuk dalam penggayaannya. Jika berkaitan
dengan produk perusahaan ditentukan pada cara pengkomposisian obyek-obyek
terkait hingga menimbulkan suatu kesatuan. Pada kategori ini pemotretan
benda-benda khusus sebagai pendukung dalam perencanaan desaiannya nanti juga
berorientasi pada teknik yang dipakai dalam pemotretan produk. Fotografi jenis
ini sebenarnya hanyalah sebagai materi foto yang akan diperlukan dalam
pengeditan secara khusus pada fotografi periklanan sebagai sarana promosi
perusahaan. Selain itu juga sebagai dokumentasi perusahaan sewaktu-waktu
menggunakannya lagi di kemudian hari, sehingga tidak memerlukan pemotretan
lagi. Untuk mempermudah dalam pengeditannya nanti, maka pemotretannya
kebanyakan di dalam studio foto. Dalam melakukan pemotretan tersebut, latar
belakang obyek biasanya menggunakan warna putih, hal tersebut dimaksudkan untuk
mempermudah dalam mengeditan di program pengolahan image dengan menggunakan
program photoshop, khususnya masalah menyeleksian obyek yang akan diedit.
Selain menggunakan background warna putih, juga terkang memerlukan warna hijau
dan warna biru, hal ini dilakukan untuk mempermudah cara pengditan foto yang
mempergunakan sistem digital melalu program pengolahan image Adobe Photoshop
lewat teknik blue screen dan green screen. Berikut ini adalah Contoh
fotografi materi produk dapat dilihat seperti berikut ini.
* Fotografi Materi Produk bagian
dari Fotografi Desain merupakan sebuah karya fotografi yang mevisualisasikan
penggayaan dari berbagai macam karakter ekspresi dari modelnya atau komposisi
barang tertentu guna pengeditan selanjutnya. Fotografi jenis ini adalah untuk
bahan pengeditan dari materi periklanan diantaranya sebagai bahan pembuatan
karya desaian grafis. Dalam implementasinya pemotretan dari karya ini,
dilakukan di dalam studio dengan latar belakang berwarna putih, hijau dan
biru dengan harapan supaya mempermudah dalam pengeditannya nanti *
5. Fotografi Periklanan
Fotografi Periklanan adalah
sebuah karya fotografi yang mevisualisasikan misi tertentu dari sebuah
perusahaan atau instansi melalui pesan yang dikomunikasikan dengan berbagai
macam penggayaan dari komponennya disertai dengan bantuan copy writing sebagai penegas
pesan yang ingin disampaikan. Bentuk atau format dari fotografi pada kategori
ini, bukan berbentuk ukuran pencetakan foto pada umumnya, melainkan sudah
diformat menjadi sebuah karya desain grafis yang jenisnya bermacam-macam. Nilai
kekuatan pada fotografi tergantung dari cara mengkomposisikan berbagai macam
komponen yang ada sesuai dengan konsep kreatif mewakili pesan tersebut, lewat
unsur gambar yang disebut dengan art directing dan unsur kata yang disebut copy
writing. Dalam proses pembuatannya secara umum dilakukan dengan mengandalkan
teknologi komputer grafis lewat program pengolahan pixel antara lain Adobe
Photoshop dan program berbasis vektor yaitu program Adobe Illustrator. Semua
foto yang mewakili pesan dieksekusi secara terpisah baik yang dilakukan di
dalam studio atau di luar studio dan disini hasilnya diklasifikasikan sebagai
foto materi (Coba lihat kategori Fotografi Materi Produk). Foto materi yang
sudah ada tersebut kemudian dilakukan pengeditanya dengan menggunakan program
komputer grafis berdasarkan format desain yang direncanakan. Hasil dari
pengeditan ini dapat diklasifikasikan sebagai karya desain grafis. Fotografi
kategori jenis ini sering dipakai sebagai sarana material promosi guna
mendukung promosi dari produk perusahaan diantaranya berbentuk Billboard yang
dipasang dipinggir jalan, Poster yang ditempel di berbagai dinding
tempat-tempat strategis, leaflet yang di bagi-bagikan kepada pengunjung serta
bentuk lainnya. Banyak karya fotografi pada kategori ini yang ada di
tengah masyarakat baik melalui pameran-pameran di berbgai tempat maupun iklan
di majalah-majalah. Berikut ini adalah contohnya
* Fotografi Periklanan bagian
dari Fotografi Desain merupakan sebuah karya fotografi yang mevisualisasikan
misi khusus lewat pesan yang dikemas dalam suatu kreatifitas penggayaan model
serta komponen lainnya hingga dapat mempengaruhi massa atau konsumen. Hasil
akhir dirubah dalam bentuk desain grafis yang berfungsi sebagai sarana promosi
sebuah produk perusahaan. Pengeksekusiannya menggunakan program komputer
grafis dengan memanfaatkan foto-foto yang sudah tersedia, kemudian dilakukan
pengeditan berdasarkan konsep cerita yang mewakili pesan tersebut*
Tidak ada komentar:
Posting Komentar